Pemkab Sergai Fokus Mendorong Digitalisasi Keuangan Daerah

Serdang Bedagai – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai terus fokus mendorong digitalisasi keuangan daerah di masyarakat dengan pemanfaatan teknologi.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Serdang bedagai Adlin Tambunan saat membuka rapat pleno penyusunan program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2022 di aula Sultan Serdang, Rabu (23/2/2022).

Dalam arahannya, Wakil Bupati Adlin Tambunan menjelaskan titik berat pembangunan di Serdang Bedagai adalah mengurangi angka kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masyarakat.

“Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan. Sebab akses keuangan menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,”ungkapnya.

Dengan memanfaatkan tekhnologi, masyarakat dapat mengakses layanan keuangan dengan lebih efektif dan efisien.

“Pada tahun ini, TPAKD akan menitik beratkan program kerja pada akselerasi digitalisasi produk/layanan keuangan masing-masing cakupan wilayah kerja baik melalui pengembangan fungsi layanan E-Warong, peningkatan fitur mobile banking, digitalisasi kegiatan transaksi serta perluasan layanan berbasis QRIS,”tambahnya.

Adlin juga menjelaskan bahwa permodalan menjadi syarat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi terutama didaerah.

“Tingkat kesejahteraan masyarakat dapat diukur dari seberapa mudah masyarakat khususnya di daerah dalam mengakses produk jasa keuangan. Untuk itu diharapkan agara kinerja TPAKD ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat,”tandasnya.

Sebelumnya, Kabag perekonomian Setdakab Serdang Bedagai, Rosdelimawati melaporkan bahwa rapat pleno ini dilaksanakan untuk mendorong akses keuangan di masyarakat.

“Disini TPAKD akan mencari terobosan ekonomi yang produktif dalam mempercepat program pemerintah dan penerapan E-Money,”ucapnya.

Turut hadir Asisten II Setdakab Nasrul Azis Siregar, perwakilan Otoritas Jasa Keuangan KR V Sumbagut, Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Kacab Bank BRI, Bank Sumut dan Bank BNI serta sejumlah Kepala OPD. (tri)

No comments yet! You be the first to comment.

Your email address will not be published.