Ikuti Arahan Presiden, Bupati Sergai: Fokus Penanganan Pandemi dan Serapan Anggaran

Sei Rampah – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya menyaksikan arahan Presiden RI Ir. Joko Widodo secara virtual, di ruang kerjanya, di Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (25/10/2021).

Bupati Darma Wijaya menerangkan, ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Presiden dalam kesempatan ini, terutama dalam hal penanganan pandemi Covid-19.

“Pak Presiden menyampaikan, sebentar lagi sudah menjelang akhir tahun di mana ada Libur Natal dan Tahun Baru. Ini perlu diantisipasi dengan sungguh-sunguh,” ucap Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Dirinya mengatakan, lonjakan pandemi adalah ancaman serius yang harus dihadapi dengan sinergitas seluruh pihak, apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah hajatan besar seperti G20 yang membutuhkan kepercayaan internasional untuk terlaksana dengan baik. Darma Wijaya mengatakan jika dalam arahannya, Presiden menekankan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan kecepatan dalam bertindak agar tren Covid-19 yang belakangan ini melandai turun bisa tetap dijaga bahkan ditekan lebih rendah lagi, sehingga kekhawatiran akan adanya gelombang ketiga tidak terjadi.

Dalam penjelasannya, Bupati menyebut Kabupaten Sergai sudah mengimplementasikan berbagai program pemerintah dalam rangka percepatan penanganan pandemi, terutama vaksinasi. Ia menuturkan, per 21 Oktober 2021, sekitar 44,21 % warga Sergai sudah menjalani vaksinasi. Bang Wiwiek menambahkan, saat ini vaksinasi juga makin gencar digelar dengan jemput bola di mana petugas vaksin langsung hadir ke kediaman warga.

Selain strategi penanganan Covid-19, Bupati melaporkan jika presiden juga menyoroti realisasi anggaran daerah jelang berakhirnya tahun 2021.

“Tadi juga Pak Jokowi meminta kepada seluruh Kepala Daerah dan jajaran Forkopimda agar memperhatikan aspek realisasi APBD. Hal tersebut perlu didorong supaya semua bisa terserap sehingga mampu berdampak baik bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” ucapnya.

Bupati menyebut, selain penanganan pandemi pihaknya juga tidak melupakan berjalannya program pembangunan di bumi Sergai. Ini dibuktikan dengan aktifnya penataan infrastruktur vital seperti jalan, jembatan dan irigasi.

“Kami meyakini betul, dengan peningkatan kualitas infrastruktur maka akan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap perekonomian masyarakat. Jalan mulus, ekonomi bagus. Ini sejalan dengan permintaan presiden agar tiap anggaran bisa terserap dan berdampak seluas-luasnya bagi rakyat,” tegas Bupati lagi.

Dalam kegiatan ini, ikut pula mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Nina Deliana, S.Sos, M.Si dan Asiten Perekonomian, Pembangunan dan Sosial Ir. Kaharuddin, MM. (tri)

No comments yet! You be the first to comment.

Your email address will not be published.